BREAKING NEWS

asuransi syariah

Opini

wisata syariah

Rabu, 12 Agustus 2015

Strategy Pengembangan Perbankan Syari’ah

Saat ini, perkembangan perbankan di Indonesia mengalami peningkatan yang di dukung dengan pengoperasian sistem dual banking. Dual banking yaitu penggunaan dua sistem yang berdampingan antara perbankan konvensional dengan perbankan syari`ah. Perkembangan perbankan syari`ah perlu memfokuskan kepada kepuasan yang dirasakan konsumen, namun dalam perkembangannnya terdapat hambatan dalam proses sosialisasi dan pendidikan tentang sistem ekonomi Islam.
Perkembangan produk bank syariah merupakan strategi yang baik untuk menarik nasabah, namun sebaiknya penelitian ini dilengkapi dengan variabel sosialisasi terhadap perkembangan produk bank syariah tersebut. Perkembangan bank syari`ah untuk masa depan perlu memfokuskan pada aspek yang menjadi pertimbangan mengenai sistem bank syari`ah.
Menurut Dicky (2014), setidaknya ada empat strategi khusus yang bisa dilakukan bank syariah dalam upaya mengembangkan daya saing di era globalisasi.

•    Membentuk SDI Berkualitas
Hal ini merupakan peluang yang sangat prospektif, sekaligus merupakan tantangan bagi kalangan akademisi dan dunia pendidikan untuk menyiapkan Sumber Daya Insani (SDI) yang berkualitas yang ahli di bidang ekonomi syari’ah, bukan karbitan seperti yang banyak terjadi selama ini.

•    Ekspansi Segmen Pasar Bank Syariah
Disadari atau tidak, segmentasi pasar perbankan syariah di Indonesia masih terfokus kepada masyarakat muslim saja. Padahal universalitas ekonomi Islam tidak hanya sebatas masyarakat muslim saja. Hal yang paling penting adalah bahwa perbankan syariah bukan hanya diperuntukkan bagi masyarakat muslim saja, tetapi non-muslim pun bisa menikmatinya.

•    Akselerasi Produk Perbankan Syariah
Keberagaman produk dan jasa sebagai ciri khas bank syariah. Bank syariah perlu terus melakukan inovasi produk dan dapat mengeksplorasi kekayaan skema keuangan yang variatif dan sekaligus bisa menunjukkan perbedaan dengan perbankan konvensional.rogram ini menjadi keharusan agar keunikan perbankan syariah dibandingkan dengan perbankan konvensional lebih terlihat jelas.
•    Penggunaan sistem IT modern
Dukungan sistem IT yang modern sangat mendukung peningkatan daya saing bank syariah secara nasional. Kebanyakan nasabah memilih bank karena adanya kemudahan bertransaksi, misalkan adanya ATM yang tersebar di seluruh dunia. Di indonesia sendiri, hal ini akan menjadi cara yang tepat yang bisa diaplikasikan dalam menjaring nasabah.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Jurnal Ekonomi Islam
Share on Blogger Template Free Download. Powered byBlogger