-->

‘Pemain’ Baru Asuransi Syariah Terus Bermunculan

Ditulis oleh:
0 0
Jakarta – Saat ini, perkembangan ekonomi syariah di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia begitu signifikan. Salah satunya adalah dunia asuransi syariah kini semakin semarak karena kedatangan banyak pemain dan produk baru.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki pangsa pasar asuransi yang cukup potensial.   Namun memang perlu diterapkan dengan baik kedalam sistem agar menghasilkan sebuah fungsi yang begitu bermanfaat untuk warganya.

Sampai Juli 2015, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat Industri asuransi syariah Tanah Air terus kedatangan pemain baru, baik perusahaan asuransi syariah maupun unit usaha syariah (UUS).

“Ada 51 pemain di industri asuransi syariah kita,” tulis OJK dalam press release-nya beberapa waktu lalu.

Selain itu, pasar asuransi syariah Indonesia makin menggeliat tak hanya dengan kedatangan pemain anyar namun juga ada banyak produk-produk baru juga meramaikan pasar asuransi berbasis syariah.

Seperti dilansir Kontan, (28/12/15), salah satu yang meluncurkan produk terbaru adalah PT Sun Life Financial Indonesia yakni meluncurkan dua produk baru tahun ini: Asuransi Brilliance Amanah dan Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus.

“Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, memang asuransi syariah yang harus dimaksimalkan di negeri ini ketimbang asuransi konvensial,” kata Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life.

Dia menjelaskan bahwa asuransi syariah menawarkan prinsip-prinsip yang sesuai budaya masyarakat Indonesia yaitu sharing of risk.


“Tidak seperti asuransi konvensional yang sistemnya adalah alih risiko dari peserta kepada perusahaan asuransi,” jelasnya. (cs)
‘Pemain’ Baru Asuransi Syariah Terus Bermunculan ‘Pemain’ Baru Asuransi Syariah Terus Bermunculan Reviewed by Asep Koswara on 19.39 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.